Posted by: bengkoang | June 16, 2013

TIPS RAHASIA: Membedakan Akun Facebook Asli dg Palsu

Sudah lama tidak menulis di blog, sampai ratusan comment belum dibalas. Mohon maaf, karena saya kebetulan baru sibuk sekali dengan kegiatan2 yang sangat menguras waktu.

Insya Alloh mulai sekarang akan eksis menulis dan membalas comment dari sahabat2 semua.

Untuk membuka artikel saya yang pertama setelah setahunan tidak menulis, saya ingin berbagi tips bagaimana membedakan akun facebook yang asli dan yang palsu. Kenapa saya ingin menulis ini? karena saya melihat sekarang banyak sekali akun facebook palsu bergentayangan. Penyebabnya macam2:

1. Iseng, orang ini membuat akun facebook sekedar iseng, dan tidak ada niatan khusus

2. Ngerjain orang, biasanya akun ini dibuat untuk menyasar orang2 yang sebenarnya dia sudah kenal. Tapi beberapa juga dipakai untuk menyasar orang yang belum kenal.

3. Mencari informasi (mata-mata), karena kadang ada orang mau “curhat” hanya mau dengan orang yang tidak dikenalnya didunia nyata. Orang jenis ini mau ngobrol dengan teman dumai karena merasa rahasianya aman jika dia bercerita dengan orang yang tidak mengenalnya didunia nyata. Celah inilah yang dimanfaatkan orang dengan akun palsu.

4. Penipuan, ini yang juga sangat banyak. dengan akun palsu, banyak yang mengambil keuntungan dari teman2 didunia maya. Misal pura2 pacaran terus minta/pinjam uang. Ada juga yang pura2 menjual barang, giliran ditransfer, bukannya barang didapat tapi uang yang amblas.

Mungkin masih ada alasan2 lain yang belum saya tuliskan, tapi kebanyakan sebabnya 4 hal itu. Nah kalau kita tidak jeli membedakan akun facebook asli dan palsu, bisa2 kita yang jadi korbannya.

Akun facebook palsu ada yang dibuat secara profesional ada juga yang dibuat secara sembarangan. Nah masalahnya karena awamnya masyarakat kita, walaupun jelas2 terlihat akun palsu, ternyata masih sangat banyak orang yang tertipu dengan akun facebook palsu itu.

Sebenarnya kalau saya beberkan RAHASIA ini, para pemalsu akun yang membaca artikel ini pasti akan memperbaiki kesalahan2nya. Tapi kalau tidak saya tulis, maka orang awam akan semakin banyak yang disesatkan oleh akun-akun palsu.

Okey, tidak berpanjang-panjang lagi, mari kita pelajari JURUS-JURUSnya ya!

  1. Anda harus curiga ketika ada orang yang tiba-tiba mengirim pertemanan ke anda, padahal : Anda tidak kenal, tidak ada teman yang sama, ada teman yang sama tapi cuma 1 atau 2, akun yang mengirimkan pertemanan DIBUAT belum lama.
  2. Akun palsu biasanya dibuat dengan data-data diri yang tidak lengkap. Termasuk kebanyakan foto-fotonya isinya cuma 1 atau 2.  Malah banyak yang fotonya animasi, dll. Jumlah foto sangat penting, karena itu menunjukkan dia ASLI atau tidak. Banyak orang yang cuma googling, terus comot foto buat foto profile facebook.
  3. Jumlah foto yang banyak belum tentu juga itu asli, karena sekarang ngambil foto orang di facebook itu gampang. maka harus hati0hati juga. Lihat fotonya, setiap kali diupload bareng apa bertahap. kalau sekali upload banyak wajib dicurigai. Kalau bertahap juga harus dilihat, ada ga yang comment di foto2nya itu.
  4. Lihat Profile orangnya, apakah datanya lengkap? memang tidak semua orang ingin data-datanya diketahui orang lain, tapi kalau datanya sangat minim, perlu dicurigai juga.
  5. Lihat apakah dia punya teman DUNIA NYATA apa enggak? Darimana kita tahu? gampang, lihat aja status2nya. Apakah dari status2 itu ada teman yang komentar, misal obrolan keseharian, misal :”gimana tadi, rame gak acaranya di sekolah?”, “Tar malem aku kerumah ya”, dan lain2.
  6. Kalau dia bikin status koq yang comment cuma 1 orang dan yang itu2 terus, walaupun terlihat akrab. itu juga perlu dicurigai akun palsu. KEMUNGKINAN BESAR justru yang sering komentar itu adalah yang punya akun palsu.
  7. Lihat kronologinya, kapan akun itu dibuat, dan lihat siapa yang pertama diajak pertemanan, biasanya kesalahan pembuat akun facebook yang tidak profesional adalah, dia akan membuat dirinya berteman dengan akun palsunya sendiri, kemudian akan sering2 mengomentari statusnya sendiri.
  8. Jumlah teman juga harus jadi perhatian, kalo cuma dikit, dan rata2 ga kenal, hati2.
  9. Biasanya akun paling banyak palsu adalah akun cewek, cantik lagi. Aneh ga kalo cewek cantik: temennya sedikit, yang komentar dikit, NGE-ADD KAMU DULUAN. Mestinya kalau dia cantik: temennya banyak, yang komentar rame, dan jaim, ga mau ngeadd kamu duluan.
  10. Lihat teman-temannya di Facebook. Kalau akun cewek koq 95% temennya cowok, hati2 akun palsu. Kenapa, cewek suka ngerumpi (rata2),  jadi ga mungkin ga punya temen2 cewek didunia nyata yang seneng ngerumpi bareng.
  11. Kalau akun cowok isinya rata2 95% cewek, ga mungkin juga cowok punya akun isinya cuma cowok doang.
  12. Lihat apa dia cukup eksis dengan akunnya tersebut, karena biasanya dia aktif kalo lagi ngincer orang.
  13. Kalau anda punya “TERSANGKA”, lihat di obrolan, kalau temen kamu onlinenya selalu gantian dengan akun palsu itu dalam jeda waktu beberapa detik, semakin menguatkan dugaanmu.
  14. Lihat keterlibatannya di Grup2, biasanya akun asli yang sudah dimiliki lama akan eksis dibeberapa grup. Tapi ini ga mesti ya, karena banyak orang yang males gabung ke grup2.
  15. Sekian dulu, nanti tak tambahin lagi ya, mau mandi dulu,,,, hehehehe. Silakan yang mau nambahi bisa di komentarin.

Responses

  1. Pertamax gan…. Hahhahaha

    • Bagi2 kang nanow

  2. thanks gan, atas informasinya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: