Posted by: bengkoang | February 16, 2009

Mengapa PCMAV “tidak sakti” menghadapi Amburadul.c?

Sebagai seorang yang dianggap orang “mengerti” komputer (terlalu berlebihan kali yah… ), saya sering dimintai tolong orang untuk sekedar menscan USB Flashdisk yang kena Virus. Saya menggunakan Symantec Corporate 9.0 yang sudah UP TO DATE tentunya, sebagai senjata andalan yang biasanya cukup ampuh menangani virus.

Kemaren, sekitar seminggu yang lalu (20 – 11 – 08) , saya dimintai tolong teman untuk menscan Flashdisknya yang kena virus. Dengan PeDe, langsung Cep, tancep aja ke port USB, dan Eng…Ing…Eng….

Langsung deh, virus pada nerobos ke sistem windows saya dan membuat folder images di C:\

Setelah diusut-usut, ternyata virus ini dikenali sebagai Amburadul.c

Saya pikir, karena ini virus lokal, baiknya pake PCMAV dong, langsung deh ke gudangupload untuk nyedot PCMAV.

Selesai nyedot, kemudian ekstrak, karena PCMAV portable, langsung saya jalankan PCMAVnya (Ohya tidak lupa klik TURN OFF SYSTEM RESTORE)

Tapi apa yang terjadi…… ternyata PCMAV langusng diinfeksi, dan akhirnya sama sekali tidak jalan…. mati… ti…

ada mungkin 12 x coba, hasilnya sama, habis ekstrak, begitu mau dijalankan, file .exenya rusak.

Seharian utak-atik, ternyata setelah saya ekstrak langsung cepetan saya coba RENAME  file PCMAVnya menjadi xxxx.exe.

hasilnya….

Setelah itu, PCMAV jadi sakti kembali. Amburadul.c ternyata tidak mampu mendetek PCMAV yang hanya direname…

Namanya aja virus bikinan lokal…


Leave a Reply

Categories

