Posted by: bengkoang | July 5, 2008

Install Win XP hanya 10 menitan

Ini ilmu yang sudah lama siketahui orang. Hanya saja masih banyak sekali para teknisi komputer yang tidak mengetahui caranya.

Jika kita menginstall Win 98SE, tentu kita membutuhkan waktu sekitar 1 jam, namun dengan metode Cloning/Ghost ini, hanya dibutuhkan antara 2-8 menit.

Dengan metode yang sama jika digunakan di Win XP, maka hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit, sedangkan seharusnya membutuhkan waktu 1-2 jam.

Jika Ghost Win 98, saya rasa tidak terlalu bermasalah. Hardisk hasil ghost win 98 bisa dipindah-pindah dari 1 komputer ke komputer lainnya, tanpa terjadi kerusakan sistem/sistem tidak mendeteksi. Berbeda dengan win XP, Misal : kita menginstal ataupun mengcloning win XP di komputer A, setelah selesai, hardisk dipindah ke komputer B. Apa yang terjadi? Pada layar monitor anda akan muncul Blue Screen. Layar berwarna biru yang menunjukkan jika windows anda Hang/rusak. Tetapi apakah bener rusak? coba anda kembalikan ke komputer A lagi, ternyata windows normal, dan bisa dijalankan.

Nah, ini yang akan kita bahas kali ini. Agar Hardisk kita bisa dipindah-pindah ke komputer lain, dan komputer tersebut langsung dapat digunakan, caranya sangat mudah.

1. Setelah proses Install selesai (bisa juga setelah proses ghost), maka yang perlu anda lakukan adalah, restart, kemudian setelah masuk windows klik kanan pada My Computer ==> Properties ==> Hardware ==> Device Manager ==> Ide ATA/ATAPI controllers

Setelah itu akan muncul 3 hardware terdeteksi :

1. Primary IDE channel

2. Secondary IDE channel

3.  VIA Bus Master IDE controller (tergantung mainboard anda)

 

Setting “standard” ketiga hardware tersebut, caranya :

Pada Primary IDE channel Klik kanan ==> Update Drivers…  ==> pada Hardware Update Wizard, pilih Install form a list or spesific location (Advanced)  ==> Klik Next ==> pilih Don’t search. I will choose the driver to install, kemudian klik Next ==> Klik Standard IDE/ESDI Hardisk Controller, Klik Next ==> Finish

Lakukan cara yang sama untuk hardware nomor 2 dan 3.

setelah itu silakan direstart komputer, dan coba sekarang anda pindah hardisk tersebut ke komputer lain, pasti tidak masalah lagi….


Responses

  1. Thanks….Good tutorial

  2. @telor
    Yup, saya senang kalo bermanfaat

  3. wah kalo ini boleh dicoba nih,ya udah besok gw coba soalnya emang dikantor gw sering kali install OS
    Ok thanks Bos

    ….

  4. tutorial bagus, dulu saya pernah coba seperti ini dengan GHOST tersebut. tetapi ada masalahnya, system akan deteksi driver pada CPU yang dighost. dalam arti akan terjadi DOUBLE DRIVER yg bisa menyebabkan bentrok dan hank…. kecuali system GHOST dibuat sebagai pengaman untuk 1pc aja, jdi ketika pc tersebut error digunakan windows ghost untuk merepair pc tersebut.

    menurut saya dengan ghost bukannya lebih bagus, tetep install dari mulai nol yg lebih baik.

    • pengalaman saya sendiri, menggunakan Ghost baik dari win98 sampe win XP ga ada masalah. selain praktis, karena cepat, kita juga bisa membackup program/data dan kemudian hardisk bisa dipindah ke PC manapun, jadi gak harus di PC yang digunakan waktu ghost.
      tapi saya sepakat, intal ulang lebih baik (hanya saja lama pastinya)

  5. om,om mu tanya dong ghost ntu apah c maksudnya norton gtu??
    and satu lagi klu sudah di setting seperti itu bisa ngistal windows xp secara cepat????
    tutornya buat mindahin hardisk om yang di atas….
    mohon penjelasannya dan mohon maaf atas kekurangannya (dari saya)

  6. upppsss sory lupa tanda centangnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: