Posted by: bengkoang | April 25, 2008

MERUMAHKAN BURUNG SERITI

Literatur tentang teknik dan cara merumahkan walet sudah banyak sekali kita jumpai di toko-toko buku. Namun tentang cara merumahkan seriti tanpaknya masih sedikit sekali yang membahas. Mungkin karena harga sarang seriti tidak semahal si emas putih alias sarang walet yang memang 100% berasal dari liur walet.

Disini saya akan berbagi pegnalaman, ingat bukan teori loh, karena ini memang teknik yang saya jalankan selama ini. Banyak sekali pemahaman amsyarakat kita bahwa datangnya seriti / walet merupakan keberuntungan (pulung). Padahal jika kita mau bersabar dan belajar untuk merumahkan, sangat mungkin sekali utuk berhasil. Seperti yang saya lakukan. Saya merumahkan seriti dengan pengalaman ala kadarnya hasil dari sharing dengan teman-teman maupun dari buku. BErbagai teknik saya jalankan, namun banyak yang gagal.

Bisa dikatakan merumahkan seriti jauh lebih mudah daripada merumahkan walet. Seriti cenderung lebih mudah “bergaul” dengan manusia ketimbang walet. Selain itu persyaratan ruangan rumah seriti juga lebih mudah daripada walet.

Saya akan membagi teknik merumahkan walet ini dalam beberapa bagian. Teknik ini saya buat berurutan, dari tahap persiapan hingga tahap mempertahankan bahkan meningkatkan produksi sarang seriti.

PERSIAPAN
1. Gedung / Rumah :
– Sebaiknya jika anda akan membangun gedung untuk seriti / merenovasinya, maka akan sangat baik sekali jika bahan bangunan tersebut lebih banyak mengandung kapur daripada semen. Tujuannya adalah agar suhu ruangan tidak mudah panas. Kapur cenderung menyerap air dan mudah berlumut.
– Lebih baik lagi jika adukan campuran semen, kapur dan pasir diberi “tambahan” bahan lagi, yaitu putih telur bebek. Ingat putih telurnya bukan kuning telurnya. Fungsinya adalah agar bau ruangan mirip dengan bau sarang burung seriti/walet.
– Tinggi tembok sebaiknya paling minimal 3 meter. Ini agar suhu ruangan tidak mudah meningkat dan seriti/walet leluasa ketika terbang.
– Luas ruangan paling tidak 5 m x 4 m.
– Atap menggunakan genting tanah liat. Sangat tidak disarankan menggunakan asbes apalagi seng.
– Untuk bagian atas dibuat “dak” dengan sistem sirip. Kayu yang digunakan dak sebaiknya kayu yang benar-benar kering (tidak berbau lagi), cukup tua, dan jangan dihaluskan (biarkan masih berserat, karena nantinya akan digunakan burung untuk bertengger).
– Tembok sebaiknya sering diguyur air agar temperatur dalam ruangan rendah.
– Didalam ruangan sangat disarankan dibuat kolam/bak air, dengan minimal 1m x 1m x 1m. Tujuanya adalah sebagai pengontrol suhu ruangan. Disini pengaturan suhu ruangan sangat menentukan sekali, sebab jika terdapat ketidaknyamanan sedikit saja, jangan harap seriti akan datang apalagi menetap.
– Ada baiknya jika setiap jarak 3 meter pada tembok dibuat lubang dengan peralon (yang berhuruf L) agar terjadi sirkulasi udara. Tinggi lubang sekitar 60 cm dari atap.
– Buat lubang masuk untuk seriti dengan ukuran kotak 50 cm x 20 cm. Pada bagian luar gedung, lubang tersebut dicat warna hitam pada pinggirnya. Ini bertujuan agar seriti dapat melihat lubang tersebut dengan jelas.
– Bagian luar gedung bisa dicat menggunakan kapur. Hindari pengecaran dengan car berbahan kimia yang berbau menyenget. Hal ini akan mengekibatkan seriti tidak betah.
– Disamping gedung akan lebih baik lagi jika dibuatkan kolam dengan ukuran minimal 3m x 6m


Responses

  1. Trim’a buat tipsnya, saya dah googling tapi belum nemu tips yang lengkap bagaimana memulai budidaya walet dari nol. klo boleh saya nanya mungkin saudara tau web yang lengkap tentang cara berternak walet. terima kasih buat infonya

    • numpang promo bos, SY JUAL RUMAH SRITI PINGGIR JL.RAYA 100M2FULL BANGUNAN BERTINGKAT(RUKO), BERISI SEKITAR 500 EKOR BURUNG SRITI, SHM Rp.600jt NEGO .MALANG JATIM.083834999001.P.HERU

  2. @Didi
    masak sih, gak ada. yang saya tahu cukup banyak yang bahas. Mohon maaf, tutorial saya belum bisa lanjut karena, banyak kesibukan lainnya… heheheh
    Jika anda tertarik, saya bisa mengirimkan beberapa referensi bku tentang walet dan seriti

    • numpang promo bos, SY JUAL RUMAH SRITI PINGGIR JL.RAYA 100M2FULL BANGUNAN BERTINGKAT(RUKO), BERISI SEKITAR 500 EKOR BURUNG SRITI, SHM Rp.600jt NEGO .MALANG JATIM.083834999001.P.HERU..

  3. Terima kasih triknya.
    Cara membuat mrutu atau makanan sriti/walet bagaimana mas..?

    • makanan sriti/walet adalah serangga. kita bisa mendatangkan serangga dengan cara menaruh gaplek, padi, atau buah yang sudah masak didalamnya. tentunya jangan berlebihan, karena malah bisa mendatangkan jamur. atau cara lain mendatangkan serangga dengan cara menaruh lampu violet diatas lubang tempat keluar masuknya seriti/ walet. lampu violet memancing serangga datang terutama pada sore dan malam hari. tetapi tidak mengganggu seriti. jangan menggunakan lampu biasa, karena akan mengganggu seriti.

  4. bagamana caranya mendatangkan lawet dari sebuah rumah sarang seriti?

    • saran saya, kalau kira2 jumlah sarang anda belum ada 500 pasang (metode putar telur), sebaiknya jangan. karena dari pengalaman kebanyakan sia-sia saja, karena setelah walet besar, mereka akan terbawa koloni walet yang lebih besar.

  5. mas di rmah sya udah ad seriti tapi sulit berkembang.waktu panen paling cuman menghasilkan 3 ons,!

    mas ruangan walet itu baiknya gelap atau pake lampu agar sedikit terang jd seriti dapat terbang dg jlas….

    mohon bantuannya mas y…!
    thank’s

    anton madiun

    • kalau jumlah sarang sedikit, sebaiknya jangan dipanen dulu, kecuali dengan tujuan untuk peremajaan. Itupun paling hanya separuh saja.

      didalam ruangan jangan sampai ada lampu, karena justru akan mengganggu seriti. Seriti terbang tidak menggunakan matanya karena mereka menggunakan gelombang ultrasonik yang dikeluarkan ketika terbang, yakni ketika mereka bercicit. Pengelihatan seriti buruk, tetapi mereka sensitif terhadap cahaya.
      Untuk seriti :
      – Ruangan sedikit lebih terang, tetapi terangnya ini karena dari ukuran lubang keluar masuk yang agak besar, bukan dari lampu, tetapi matahari. sebaiknya lubang menghadap utara atau selatan agar terhindar terkena sinar matahari langsung.

      Untuk walet :
      – Ruangan gelap, dan lubang keluar masuknya secukupnya saja.

      selain pencahayaan, suhu juga harus dijaga.

  6. @Torino
    Sepanjang pengetahuan saya walet tidak perlu dikasih makan dengan makanan buatan ataupun mrutu. Seekor Sriti / walet biasa memakan sekitar kurang lebih 3.000 serangga setiap harinya. Artinya makanan mereka adalah serangga. Cara memberi makan bisa dengan memberikan atau mendatangkan serangga dengan cara :
    – menaruh gaplek/singkong kering didalam ruangan kemudian disiram air setiap hari, tapi jangan terlalu banyak, hanya agar lembab, jika sudah agak lunak jangan disiram lagi, agar tumbuh ulat, dan dikerubuti serangga. maka secara tidak langsung kita bisa memberi makan seriti/walet.
    – Menaruh padi didalam ruangan, dengan cara ini juga akan mendatangkan banyak serangga.
    – membuat kolam, maka kolam akan banyak jentik nyamuk, yang bisa menjadi makanan seriti. Namun cara ini kurang baik.
    – memasang lampu VIOLET, silakan tanya ke toko. Lampu violet tidak menyilaukan tetapi menarik serangga-serangga untuk datang. Memasangnya diatas lubang tempat seriti masuk di bagian luar dan diatas lubangnya.

    Semoga bermanfaat

    @mananb
    Mendatangkannya dengan cara putar telur. Namun saran saya, jika melakukan putar telur, pastikan jumlah sarangnya banyak, karena kalau putar telur hanya sedikit, biasanya akan sia-sia/hanya bubar.

  7. @Torino
    Sepanjang pengetahuan saya walet tidak perlu dikasih makan dengan makanan buatan ataupun mrutu. Seekor Sriti / walet biasa memakan sekitar kurang lebih 3.000 serangga setiap harinya. Artinya makanan mereka adalah serangga. Cara memberi makan bisa dengan memberikan atau mendatangkan serangga dengan cara :
    – menaruh gaplek/singkong kering didalam ruangan kemudian disiram air setiap hari, tapi jangan terlalu banyak, hanya agar lembab, jika sudah agak lunak jangan disiram lagi, agar tumbuh ulat, dan dikerubuti serangga. maka secara tidak langsung kita bisa memberi makan seriti/walet.
    – Menaruh padi didalam ruangan, dengan cara ini juga akan mendatangkan banyak serangga.
    – membuat kolam, maka kolam akan banyak jentik nyamuk, yang bisa menjadi makanan seriti. Namun cara ini kurang baik.
    – memasang lampu VIOLET, silakan tanya ke toko. Lampu violet tidak menyilaukan tetapi menarik serangga-serangga untuk datang. Memasangnya diatas lubang tempat seriti masuk di bagian luar dan diatas lubangnya.

    Semoga bermanfaat

    @mananb
    Mendatangkannya dengan cara putar telur/mengganti telur seriti dengan walet. Namun saran saya, jika melakukan putar telur, pastikan jumlah sarangnya banyak, karena kalau putar telur hanya sedikit, biasanya akan sia-sia/hanya bubar.

    @anton
    Sifat seriti menyukai ruangan yang sedikit terang (ingat bukan sangat terang) dan sifat walet adalah menyukai ruangan yang sangat gelap. Seriti dan walet ketika terbang tidak menggunakan indera matanya untuk mengetahui jalan, lubang, dll. Tetapi menggunakan gelombang ultra sonik yang dikeluarkan ketika berbunyi / bercicit.
    Jadi sangat tidak disarankan bahkan dilarang memasang lampu dalam ruangan.
    Jika dari seriti ingin dirubah menjadi walet, ruangan harus digelapkan secara bertahap.

  8. Saya punya tempat (rumah kuno) di belakang ada seriti, tapi belum bisa mengelola dengan maksimal, atau boleh dikata blm di kelola. saya hanya memetik sarangnya tok trus saya jual. Mohon bimbinganya. Lokasi di Pleret Bantul tlp 08562922414

    • Saat ini banyak dijual dipasaran berbagai produk alat ataupun obat-obatan yang bersifat alami yang dapat membuat seriti betah, mendatangkan walet, dan meningkatkan produksi dari sriti atau walet. Ada yang bentuknya cair. Pada tahun 2005 Harga perliter Rp. 300 Ribu.
      Silakan anda browsing, pasti banyak sekali obat-obatan semacam itu.

  9. mas saya punya sarang seriti tapi bingung mau jualnya kemana tidak terlalu banyak sih. kira kira kemana ya harus jualnya klo di bali. trus berapa saya harus ngasi harga sarang seriti per kilonya?
    trima kasih…

  10. Pak Putra bisa hub saya si email saya utk penawaran sarang serit….
    Tx

    • pak,ada 2 kamar tidur di rumah saya sudah 4 tahun di tempati seriti sampai saat ini jumlahnya mungkin sudah ribuan ,bagaimana langkah awal untuk mengembangkan menjadi rumah walet,?

      • Sangat mudah. hanya yang perlu diperhatikan adalah dari sisi kesehatan. karena tentunya banyaknya kotoran dari burung seriti yang bisa mengganggu kesehatan. ada baiknya anda mempertimbangkan untuk memberikan sekat agar baik dari kotoran maupun bau dari kotoran seriti tidak masuk ke bagian rumah lainnya.
        langkah yang bisa diambil selanjutnya seperti memperkirakan suhu, tingkat intensitas cahaya yang masuk dan pembuatan sirip-sirip yang akan digunakan seriti menempelkan sarangnya. Ohya, untuk penambahan sirip perlu diperhatikan, jangan total, misal buat satu dulu, biarkan hingga ditempati seriti, setelah itu tambah sirip lagi. ini bermanfaat agar produksi sarang burungnya maksimal.
        Untuk detail anda bisa email saya.

  11. Pak Putra say poisi di bali….boleh Hub saya utk penawaran seriti bpk di 081236154222
    Tx

  12. Pak Putra bisa hub saya lewat email saya utk penawaran sarang serit….ambones007@yahoo.com
    Tx

  13. Mau tanya apakah telur sriti bila di pecah dan di oles2kan ke dinding akan bisa memperbnyak pmbuatan sarang?
    Saya mpnyai sarang srti tp di garasi dpan rumah,jd bnyak orang yg lewat st,apakah itu berpengaruh terhadap perkmbangan populasi sriti?
    Terimakasih…

    • emang mas pecahan telur itu bisa sbg aroma buatan

  14. Pak kalo rumah ada sritinya sekitar 20 pasang kalo dijual kira-kira laku berapa ya.. mohon pencerahannya

  15. Barangkali ada yang butuh rumah seriti… lokasi di Kebumen kota, bangunan 9x21m tanah 9x52m seriti 20 pasang… Umi: 0852 928 50 110

  16. ass,pak saya mau coba buat rumah seriti, masalahnya di rumah udah ada seriti 7 pasang . bisa ga untuk siripnya dari kayu albasiah ?

  17. saya mempunyai stok sarang burung seriti, mungkin kalau panen berkarung karung. tapi kadang saya buang begitu aja karena didaerah samarinda ga laku dan saya ga bisa cari pembelinya. kalau tertarik kira2 kerapa harga per ons, tolong bisa kirim lewat email ke mawan_sudar@yahoo.com
    atau sms ke nomer saya 081346452221

    • Harganya bisa perkilo, bisa per sarang. tergantung kualitas dan bahan sarangnya. Yang hargana bagus sarangnya terbuat dari daun pinus. yang agak murah dari daun cemara. Harga perkilo antara 1 – 2 Juta untuk sarang seriti atau 6 ribu – 15 ribu per sarang. Untuk penjualan, silakan browsing di internet, banyak kok yang mau beli.

    • saya pengusaha dalam bidang sarang burung walet gua/moyen dan jg seriti gua dalam partai besar maupun kecil dan apabila anda mempunyai sarang burung walet gua dan seriti gua seperti pinus,campur,rumput laut,ijuk DLL silahkan hubungi no 085233333979 dan 081913444443 http://pengusaha-sarang.blogspot.com/

  18. Salam kenal Bos, Saya siap membeli sarang sriti dari gua dan gedung. kalau masalah harga bisa nego. (085228061883) sms ok

    • aku sih kemarin2 ada srang sriti sekitar 6 kg perkg saya jual 2000000 .la mas dwi berani brp?klo hrgay lebih dr itu panen kedepan tak jual ama mas dwi deh.oh ya u rumahe mana mas?

      • saya pengusaha dalam bidang sarang burung walet gua/moyen dan jg seriti gua dalam partai besar maupun kecil dan apabila anda mempunyai sarang burung walet gua dan seriti gua seperti pinus,campur,rumput laut,ijuk DLL silahkan hubungi no 085233333979 dan 081913444443

  19. Mas numpang tanya , adakah yang tahu jika telor seriti ditukar telor walet ,kira -kira berapa lama keberhasilannya .dan protein yang ad di telor seriti dan wallet apa aja . terima kasih sebelumnya

    salam

    rapijali

  20. Pak saya mau nanya kalo mau jual sarang kemana ya pak? saya punya sarang seriti perbulan 1 kg kualitas bagus mohon infonya.thanks

  21. MENERIMA SARANG BURUNG SERITI DAN WALET (GUA-RUMAHAN-CAMPUR-RUMPUT LAUT-PINUS-DLL) PENGEPUL SARANG BURUNG TERBESAR DIBONDOWOSO HUB: 0812 498 22222 MUHAMMAD AL-HABSYI

  22. Mas,rumah sy suda d tmpati sriti,rncana akn sy gnti walet,dmn bs sy bli tlor walet di daerah malang.kira2 prospek usaha ini ada g?

    • Kalau jumlahnya masih kurang dari 500 pasang sebaiknya belum perlu diputar telur. Karena biasanya jika sudah besar, mereka akan terbawa komunitas walet dari daerah lain yang lebih besar.

    • kalo di daerhmu banyak sumber pakan walet,sumber air,sungai besar,tidak ada pencemaran pabrik baik polusi suara,udara maupun warna;dan deket dg hutan .ya prospekya jelas menjanjikan sekali.menurut saya jika ada hal itu putar telor ok ok aja.tp biasanya angka kebrhasilanya 5% untuk pertama kali putar telor.klo ingin tingkat keberhasilany lebih dari itu u hrs pake audio walet.selamt mencoba

  23. ni ada info yng lg hot di doro pekalongan.buat anda semua .ada gedung walet mau dijual harga Rp.7,5 milyar.luas tanah 40mx13m.luas bangunan walet 105 m persegi.tinggi bgn wlet 7m.2 lantai pake cor semua.gambaran prospektif walet disini:dekat sumber air,tidak ada pencemaran pabrik,dekat sumber makanan yaitu alas blabar,hutan pines,kebon teh jolotigo,kebon karet PTPN,areal lumbung padi .keamanan terjamin.lokasi jalan raya doro sebelah selatan polsek doro pekalongan .sudah terdapat 3000an burung sriti dan baru terbentuk 3 koloni walet yaitu sekitar 150 burung.tingkat keberhasilan putar telor disini 10 %.bila anda berminat /cuman ingin ngecek lokasi silahkan hub.085727450364 saiful bahri

  24. hallo… semuanya salam kenal , mau ikut nimbrung nih…. berapa sarang sriti pinus kwalitas sedang untuk harga sekarang?… mohon pencerahannya , sy ada barang rata2 banyak yg nawar 1,7 . apa ada yg lebih bagus….???

    trimakasih…

    cak broden
    mojokerto

  25. caka broden
    call 085733594895

  26. pak,,, mrutu thu cara bikin gi mn pak,,,,apa di buta dri pembusukn buah”an ya,,,baru di campur dlmbubur mi ama tepung kedelai ya pak,,,

  27. ass, pa saya baru punya ruangang kosong di stempati kurang lebih 12 seriti, dengan 6 sarang seriti, akan tetapi tiap hari ruangan tersebut kebanyakan di lewati ribuan koloni walet namun cuma lewat, gimana agar koloni walet tesebut bisa singgah di gedung saya, bukan hanya lewat , thanks….

  28. Saya punya rumah sriti dg populasi sarang sudah lebih dri 500, sudah melkukan putar telor sebanyak 5x, tapi hasilnya gagal semua. kira2 apa masalhnya dan apa solusinya??? tempat saya di Bali. untuk di bali, dimana tempat org jual telor walet? mohon bantuan sahabat semua. email : gdkoji@yahoo.com

    • Saya maklum anda gagal, tidak hanya di bali, tapi diberbagai daerah teknik putar telur dibawah 500 memang sering gagal. Hal ini disebabkan, setelah telur menetas, dan bisa terbang, setelah kemampuan terbangnya mampu menjangkau daerah yang jauh, akhirnya sedikit-sedikit, burung walet kita akan terbawa oleh koloni walet yang lebih besar. Hal ini terjadi karena koloni walet kita masih kecil. Maka teknik putar telur sebaiknya dilakukan jika populasi sarang sudah diatas 1000 sarang. jadi sekarang sebaiknya berkonsentrasi saja dulu untuk meningkatkan populasi seriti anda. Semoga bermanfaat.

  29. pak, gmn sih perbedaan walet ama sriti, thanks

    • Jelas beda, dan sarangnya juga beda. silakan baca di wikipedia

  30. Jual Rumah ada sritinya (saat ini 50 sarang)
    LT:480 LB:180 Lokasi Kebumen Kota, dekat Rumah Lawet yang lain (sekitar 1 Kilo)
    Yg ingin berinvestasi silahkan Hub: Umi(085292850110)

  31. saya pengusaha dalam bidang sarang burung walet gua/moyen dan jg seriti gua dalam partai besar maupun kecil dan apabila anda mempunyai sarang burung walet gua dan seriti gua seperti pinus,campur,rumput laut,ijuk DLL silahkan hubungi no 085233333979 dan 081913444443 http://pengusaha-sarang.blogspot.com/

  32. http://pengusaha-sarang.blogspot.com/ saya pengusaha dalam bidang sarang burung walet gua/moyen dan jg seriti gua dalam partai besar maupun kecil dan apabila anda mempunyai sarang burung walet gua dan seriti gua seperti pinus,campur,rumput laut,ijuk DLL silahkan hubungi no 085233333979 dan 081913444443

  33. ass. saya pny rmh sarang sriti n mau dijual. luas tanah 125m2 full bangunan 2 lantai. jumlah sarang sekitar 300an, and sritinya ribuan. lokasi strategis jln utama solo-jogja, delanggu klaten. bagi yg berminat hub no 087734744647

  34. saya punya rmh yg skrng br dihuni brng sriti,mau sy kembangkan gmn cr merumahkan dan membudidaya sriti yg bagus,skrng masih ad kr2 20 psng sriti,,mhn bantuan untuk mengembangkan budidaya sriti sy..

  35. […] Merumahkan burung seriti | bengkoang's go! blog […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: